Rabu, 12 Maret 2014

Mini Case Sistem Informasi Manajemen

1.    Menurut Anda, apa saja kebaikan dan keburukan dengan adanya teknologi informasi dan sistem informasi? Apa akibatnya baik secara pribadi maupun organisasi ?
Menurut saya Teknologi dan sistem informasi merupakan perkembangan teknologi yang berguna untuk mempermudah seseorang ataupun organisasi. Namun dalam mempermudah pun terkadang ada efek yang menjadi keburukan nya yang bisa merugikan orang atau organisasi
Kebaikan :
·         Dapat mempermudah manusia dalam mengakses informasi (mencari informasi, membagikan informasi, menghitung data, mengelompokan data)
·         Mempermudah suatu perusahaan dalam mengatur sebuah sistem yang membuat kinerja perusahaan meningkat dan lebih efisien.
·         Menuntut manusia untuk selalu berkembang, dengan adanya informasi yang banyak dan mudah di akses membuat manusia lebih mudah dalam berkembang dalam hal apapun.
Keburukan
·         Dalam adanya teknologi baru, bisa merugikan manusia, seperti menggantikan manusia dengan mesin.
·         Membutuhkan biaya yang lebih, karena yang di susun adalah sistem baru dengan teknologi baru, sehingga mungkin dalam membuat software saja harus keluar uang banyak. Dalam mengikuti sistem baru pun manusia di tuntut untuk membeli yang baru atau menggunakan yang baru jika ingin terus bisa mengakses sistem informasi.
·         Privasi yang sudah mulai tidak terjaga, misalnya dengan adanya sistem informasi kita bisa mengakses lokasi orang hanya dengan handphone, bisa mengetahui apa yang di lakukan orang lain.
Akibat
Secara Pribadi : dengan adanya sistem informasi kita bisa mengakses data dengan mudah, menggunakan data dengan mudah. Dalam hal berkomunikasi pun menjadi mudah, seeperti adanya sosial media. Dalam efektifitas bekerja pun bisa di lakukan. Misalnya untuk membahas tugas kita harus bertemu, dengan adanya skype kita tidak perlu bertemu langsung untuk membahas tugas. Dengan adanya program program yang mempermudah kita dalam mengolah data. Misanya adalnya ms excel untuk mengolah angka atau spss untuk mengolah data penelitian. Hal tersebut mudah di dapat dan digunakan guna menunjang manusia.
Secara organisasi : bisa lebih efisien dalam mengatur. Misalnya saja perusahaan tidak perlu menggunakan kertas lagi dalam absen, hanya dengan teknologi finger print semua bisa di pantau oleh komputer. Dalam mengirim data juga perusahaan bisa menggunakan email sebagai alat untuk mengirim data. Tidak perlu bertemu langsung. Namun keburukan nya terkadang banyak sistem yang sudah di buat oleh perusahaan dan membuat manusia tergantung di dalamnya. Jika sistem tersebut rusak manusia tidak bisa menggunakan nya lagi., Misalnya dalam belanja kita bisa menggunakan kartu kredit, namun jika tidak ada internet transaksi kartu kredit tidak bisa kita akses dan perusahaan kartu kredit juga bisa rugi karena tidak ada transaksi, Maka membuat manusia dan organisasi terlalu tergantung.
2.    Apakah Etis bisa kita mempublikasikan data/ informasi pribadi orang / organisasi lain tanpa sepengetahuain yang bersangkutan ? mengapa ya/ tidak ?
Etis yang ada adalah kepercayaan atau set pemikirian dari seseorang atau kelompok. Sehingga etis atau tidak merupakan pandangan pribadi . Mempublikasikan data yang bukan kepemilikan kita tanpa seijin menurut saya sangat tidak etis. Karena secara garis besar kita mempublikasikan data biasanya untuk keuntungan beberapa pihak dan belum tentu mementingkan pihak yang memiliki data. Hal yang paling di soroti adalah tentang privasi seseorang. Seseorang memiliki data terkadang yang mungkin tidak mau di lihat oleh banyak orang. Menurut saya pun dalam pemakaian media informasi pun ada aturan nya, mengapa komputer itu di ciptakan, mengapa internet itu di ciptakan bukan untuk mempublikasikan data orang tanpa ijin.
Penyebaran data yang di gunakan mungkin boleh saja ada. Namun biasa harus seijin pemilik nya. Apakah sang pemilik sudah siap data itu di liat oleh banyak orang. Apakah data tersebut baik untuk di liat banyak orang. Jika yang bersangkutan sudah setuju ya menurut saya silahkan di publis , namun sebelum ada persetujuan dari orang yang memiliki tidak etis kita menggunakan data untuk di publis. Dalam logika yang ada dalam menggunakan apapun yang milik orang lain harus seijin orang tersebut, misalnya saja dalam meminjam pensil kita harus ijin . Sehingga untuk hal besar pun harus seijin pemilik nya dahulu,

Sumber bacaan : PDF dari Pak Tarigan, berjudul : Implikasi Etis Teknologi Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar